Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel

Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel

Ketika ingin memasang instalasi kelistrikan pada rumah atau gedung, pastinya penempatan komponen-komponen listrik tersebut harus dipasang lebih ringkas agar terlihat lebih rapi dan lebih nyaman dipandang. Dengan pemasangan instalasi yang ringkas tersebut, maka ruangan bisa terlihat lebih luas karena tidak ada kabel atau komponen listrik lainnya yang berserakan.

Salah satu komponen listrik yang paling sering dilihat dalam instalasi rumah adalah saklar lampu dan stop kontak di satu tempat. Untuk itu, ada cara yang bisa diterapkan saat memasang saklar lampu dan stop kontak dalam satu tempat agar ruangan terlihat lebih ringkas dan lebih rapi.

Saklar lampu dan stop kontak dalam satu tempat ini juga merupakan salah satu komponen listrik yang bisa memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu bisa menghidupkan dua buah peralatan listrik secara bersamaan hanya dalam satu unit sehingga bisa lebih praktis dan lebih simple saat menyalakannya.

Selain itu, saklar lampu dan stop kontak dalam satu tempat juga bisa memberikan kesan rapi karena tidak membutuhkan banyak tempat saat memasangnya. Untuk itu, saklar lampu dan stop kontak dalam satu unit ini bisa menjadi rekomendasi untuk dipasang pada instalasi dalam rumah atau gedung.

Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel

Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 KabelKomponen listrik yang satu ini sebenarnya merupakan kombinasi dari dua komponen listrik yang berbeda dalam satu unit atau satu tempat. Saklar lampu dan stop kontak yang berada dalam satu unit ini bisa memberikan dua manfat sekaligus sehingga memberikan kemudahan saat menggunakannya.

Saklar ini berfungsi untuk menyambung dan memutus arus listrik, biasanya saklar ini sering digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu. Hampir sama dengan Cara Memasang Stop Kontak dan saklar kabel nanti jadi mudah untuk Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel.

Sedangkan stop kontak berfungsi sebagai terminal arus listrik dan tempat lubang steker untuk berbagai macam peralatan elektronik seperti, Radio, TV, Kulkas dan peralatan elektronik lainnya.

Saat memasang saklar lampu dan stop kontak dalam satu unit ini bisa difungsikan menjadi dua pemakaian. Pemasangan yang pertama yaitu untuk mengaplikasikan jalur arus listrik pada dua fungsi komponen yang berbeda seperti, saklar digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu sedangkan stop kontak digunakan untuk terminal arus listrik stanby.

Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 KabelPemasangan yang kedua adalah saklar difungsikan untuk mengaktifkan stop kontak sehingga stop kontak bisa dinyalakan dan dimatikan melalui saklar tersebut. Agar menjadi fungsi yang berbeda, maka ada dua versi cara yang bisa dilakukan untuk memasangnya, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Cara Memasang Saklar

Bagi para pemula pastinya masih bingung cara menyambungkan kabel kepada saklar karena kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa pada saklar terdapat dua kabel yaitu Netral dan Positif padahal sebenarnya tidak. Pada saklar hanya dipasang untuk satu kabel saja yaitu kabel Fasa atau kabel positif.

Hal ini karena saklar hanya berfungsi sebagai pemutus dan penghubung dari arus listrik positif saja. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Pertama, cari kabel Fasa atau kabel yang memiliki arus positif menggunakan Taspen.
  2. Jika sudah ketemu, maka matikan meteran listrik dari PLN.
  3. Setelah itu, potong dan kupas kedua ujung tersebut dan hubungkan ke saklar.
  4. Jika sudah, maka saklar sudah behasil memotong dan menyambungkan arus listrik.

2. Cara Memasang Stop Kontak

Stop kontak biasanya memiliki 3 terminal untuk dihubungkan dengan tiga kabel yaitu, kabel positif (Fasa), kabel negatif (Netral) dan kabel Ground. Kabel Ground ini berfungsi untuk keselamatan dan menghindari dari konsleting yang menyababkan percikan api.

Namun, ada jenis stop kontak yang tidak dilengkapi dengan kabel Ground yaitu hanya dipasang dengan kabel Fasa dan kabel Netral saja. Untu lebih jelasnya, simak langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  1. Matikan meteran listrik terlebih dahulu sebelum memasang stop kontak dengan arus listrik.
  2. Setelah itu, kupas kabel Fasa dan kabel netral, biasanya kabel Fasa ditandai dengan kabel warna merah atau warna hitam dan kabel Netral ditandai dengan kabel warna biru.
  3. Jika sudah, maka buka baut untuk membuka stop kontak lalu sambungkan kabel dengan masing-masing tempat yang sudah disediakan di dalam stop kontak.
  4. Kabel Fasa di tempat yang satu dan kabel Netral ditempat yang satunya lagi.
  5. Jika kabel sudah disambungkan semua, maka tutup kembali stop kontak tersebut dan stop kontak sudah bisa difungsikan.

3. Cara-cara Untuk Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak Menjadi Dua Fugsi

Cara yang pertama adalah memasang saklar lampu dan stop kontak dalam satu unit menjadi dua fungsi yang berbeda. Saklar difungsikan untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Sedangkan stop kontak difungsikan sebagai terminal arus listrik untuk menyambungkan peralatan elektronik seperti, TV, Radio dan peralatan elrktronik lainnya. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Pertama, pastikan meteran listrik PLN sudah dimatikan.
  2. Selanjutnya, pasang kabel Fasa pada salah satu kutub saklar dan kutub yang satunya dihubungkan dengan kabel yang menuju lampu.
  3. Setelah itu, buat jumper pada kutub saklar yang disambung pada kabel Fasa dengan salah satu kutub stop kontak.
  4. Kemudian kutub stop kontak yang satunya lagi disambungkan dengan kabel Netral dan dicabang ke jalur kabel lampu.
  5. Jika sudah dilakukan semua, maka komponen listrik tersebut bisa dijadikan menjadi dua fungsi.

4. Cara-cara Memasang Saklar untuk Mengaktifkan Stop Kontak

Cara yang kedua adalah memasang saklar untuk mengaktifkan stop kontak sehingga arus pada stop kontak tersebut bisa dikontrol menggunakan saklar. Untuk lebih jelasnya, bisa ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  1. Matikan meteran listrik PLN agar terhindar dari sengatan listrik.
  2. Jika sudah, maka lanjutkan dengan memasang kabel Fasa pada salah satu kutub saklar.
  3. Kemudian kutub saklar yang satunya lagi dijumperkan kesalah satu kutub stop kontak.
  4. Setelah itu, pasang kabel Netral ke kutub stop kontak yang tidak di jumper.
  5. Jika semua sudah selesai dipasang, maka saklar sudah bisa mengontrol arus listrik yang ada pada stop kontak.

KESIMPULAN

Itulah cara-cara untuk memasang saklar lampu dan stop kontak yang bisa dicoba. Dengan melakukan cara diatas, maka instalasi dalam rumah atau gedung bisa menjadi lebih rapi karena pemasangan instalasi yang ringkas dan sederhana.

Dari cara-cara diatas bisa dilakukan untuk semua ruangan baik itu ruangan rumah ataupun ruangan bangunan lainnya. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat, ketahui juga Harga Wiremesh Per Lembar yang sudah dibahas PEMBORONG.ID pada ulasan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *