Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar dengan Kabel 3
Tutorial

2 Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar dengan Kabel 3

Dua komponen elektronik yang wajib ada dalam instalasi rumah, gedung atau bangunan lainnya adalah stop kontak dan saklar. Dua komponen ini memiliki fungsi yang berbeda dan keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk memudahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi dari Stop Kontak adalah sebagai alat penghubung antara sumber listrik PLN dengan peralatan elektronik seperti TV, Radio, Komputer atau berbagai macam peralatan elektronik lainnya. Sedangkan Saklar berfungsi untuk mengendalikan dalam menyalakan atau mematikan lampu.

Untuk memasang dua komponen tersebut juga bisa dibilang mudah, apalagi memasangnya hanya dengan dua kabel. Namun, ada rangkaian yang menggunakan 3 kabel yang pastinya akan sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan 2 kabel saat memasangnya.
Maka dari itu, dibawah ini akan dijelaskan cara-cara untuk memasang Stop Kontak dan Saklar menggunakan Kabel 3. Berikut penjelasannya.

Cara Untuk Memasang Stop Kontak dan Saklar Dengan Kabel 3

Cara Memasang Stop Kontak
Sebelum mengetahui cara untuk memasang Stop Kontak dan Saklar dengan kabel 3, sebaiknya ketahui dahulu bagian-bagiannya. Dalam Stop Kontak memiliki tiga sambungan terminal yaitu, Terminal Kabel Fasa, Terminal Kabel Netral dan Terminal Kabel Ground, sedangkan pada Saklar terdapat dua sambungan terminal yang digunakan untuk Kabel Fasa saja karena fungsi Saklar adalah memutus dan menyambung arus listrik dari PLN.

Dalam instalasi, biasanya Kabel Fasa ditandai dengan kabel berwarna hitam atau merah, Kabel Netral ditandai dengan kabel berwarna biru dan Kabel Ground biasanya ditandai dengan kabel berwarna kuning. Jika sudah mengetahui rangkaian dari kedua komponen instalasi tersebut, sekarang bisa lanjut ke cara-cara untuk memasang Stop Kontak dan Saklar dengan kabel 3 dibawah ini.

1. Cara Memasang Stop Kontak dengan Kabel 3

Ada tiga terminal yang terdapat pada Stop Kontak yang berfugsi untuk disambungkan dengan tiga kabel. Kabel tersebut yaitu,

  1. Kabel Fasa berwarna Hitam atau Merah.
  2. Kabel Netral berwarna Biru.
  3. Kabel Ground berwarna Kuning.

Pasang ketiga kabel tersebut pada terminalnya masing-masing, untuk memasang Kabel Fasa dan Kabel Netral dipasang pada terminal yang sejajar, sedangkan untuk Kabel Ground dipasang pada terminal yang berada ditengah-tengah antara Kabel Fasa dan Kabel Netral. Saat pemasangan ketika kabel pada Stop Kontak tersebut harus benar-benar kencang dan jangan sampai goyah.

Apabila saat pemasangan pada ketiga kabel tersebut kurang kencang bahkan bisa sampai goyah, maka dikhawatirkan akan menyebabkan hubungan singkat ketika Fasa dan Netral bersentuhan yang bisa menyebabkan Stop Kontak menjadi terbakar. Selain itu, jangan sampai ada arus listrik yang mengalir keterminal sambungan Ground karena bisa menyebabkan kebakaran atau masalah fatal lainnya.

2. Cara Memasang Saklar Tunggal

Berbeda dengan Stop Kontak yang memiliki tiga terminal, Saklar tunggal hanya memiliki dua terminal saja yaitu terminal output dan terminal input. Dari kedua terminal tersebut memiliki warna yang berbeda, berikut penjelasannya.

  1. Terminal Input ditandai dengan warna Merah.
  2. Terminal Output ditandai dengan warna Putih.

Untuk memasang kabel pada Saklar tunggal tersebut sangat mudah. Caranya yaitu,

  1. Pertama, putus Kabel Fasa yang terhubung pada Lampu.
  2. Selanjutnya kupas kedua ujung Kabel Fasa yang sudah terputus tersebut.
  3. Setelah dikupas, maka tinggal masukkan salah satu ujung Kabel Fasa ke terminal Input dan ujung satunya lagi dimasukkan ke terminal Input.
  4. Jika sudah dipasang semua, maka lampu sudah bisa dinyalakan dan dimatikan melalui Saklar tersebut dengan mudah.

3. Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Lampu untuk dua Fungsi

Dalam komponen elektronik memiliki jenis yang berbeda-beda, salah satunya adalah Saklar dan Stop Kontak yang terletak dalam satu tempat. Komponen ini bisa digunakan untuk dua fungsi dan cara memasangnya hanya menggunakan 3 kabel saja sehingga bisa menghemat kabel.

Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  1. Pertama, matikan meteran listrik PLN dengan MCB dalam posisi OFF.
  2. Selanjutnya pasang kabel Fasa pada salah satu kutub Saklar dan kutub satunya lagi menuju kabel yang terhubung dengan lampu.
  3. Setelah itu, buat Jumper pada kutub Saklar yang disambung dengan kabel Fasa dengan salah satu kutub pada Stop Kontak.
  4. Kemudian kutub Stop Kontak yang satunya lagi disambungkan ke kabel Netral dan dicabang ke jalur kabel Lampu.
  5. Dengan menggunakan sistem Jumper ini maka akan menghemat kabel serta Stop Kontak dan Saklar sudah bisa digunakan menurut fungsinya masing-masing.

4. Cara Memasang Saklar untuk Mengaktifkan Stop Kontak

Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar dengan Kabel 3
Saklar yang digunakan dalam cara ini adalah untuk mengontrol arus pada Stop Kontak. Dengan menggunakan cara ini maka tidak perlu repot-repot untuk mencabut peralatan elektronik hanya tinggal menekan tombol Saklar saja arus listrik pada Stop Kontak sudah terputus.

Berikut ini adalah cara-cara memasang Saklar untuk mengaktifkan Stop Kontak.

  1. Pertama, pastikan MCB pada meteran listrik dalam kondisi OFF, hal ini untuk menghindari dari terjadinya terkena sengatan listrik.
  2. Setelah itu, pasang kabel Fasa pada salah satu kutub saklar.
  3. Lalu kutub yang satunya lagi dijumperkan ke salah satu kutub Stop Kontak.
  4. Selanjutnya pasang kabel Netral ke kutub Stop Kontak yang tidak di Jumper.
  5. Jika sudah, maka Saklar sudah bisa mengatur arus listrik yang ada di Stop Kontak.

Itulah cara-cara untuk memasang Stop Kontak dan Saklar menggunakan kabel 3 yang bisa dicoba. Selain itu, ada juga beberapa cara memasang Stop Kontak dan Saklar menggunakan sistem Jumper sehingga bisa menghemat kabel saat memasangnya.

Cara diatas juga merupakan cara yang sering dilakukan saat melakukan instalasi listrik sehingga bisa menghemat kabel dan terlihat lebih rapi saat memasangnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Simak juga informasi menggenai Harga Besi Siku Lubang pada info pemborong sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *