Cara Menghitung Kebutuhan Hebel
Bahan Bangunan

7 Cara Menghitung Kebutuhan Hebel Untuk Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Hebel – Seiring berjalannya waktu semakin banyak material bagunan baru entah hasil modifikasi atau memang karya baru. Salah satunya batu herbel atau batu ringan ini juga menjadi salah satu yang cukup menarik.

Ukurannya yang lebih besar dibandingkan bata merah membuat herbel menjadi salah satu pilihan menarik karena pemasangannya yang lebih cepat dan mudah. Dengan berat herbel yang ringan juga membuat herbel semakin mudah untuk di modifikasi.

Setidaknya ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu ketahui saat akan menggunakan batu jenis herbel untuk kebutuhan material pengganti BATA MERAH. Sebut saja kamu harus tau Cara Menghitung Kebutuhan Herbel pasalnya di hitung perkibik.

Buat kamu yang masih bingung bisa ikuti langkah PEMBORONG.ID berikut ini menggenai Cara Menghitung Kebutuhan Herbel yang benar. Menghitung herbel yang benar di perlukan supaya nantinya tidak kelebihan atau justru kurang.

Cara Menghitung Kebutuhan Herbel

Cara Menghitung Kebutuhan Hebel
Untuk mengetahui kebutuhan akan hebel bangunan kamu wajib terlebih dahulu tau ukuran bangunan kamu mulai dari panjang dan tinggi. Setelah itu barulah menghitung ukuran hebel yang ada, dimana ada beberapa ukuran batu ringan hebel yang lazim di jumpai.

Jenis Hebel Ukuran
Hebel Standar panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 7,5 cm
Hebel Standar panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 10 cm
Hebel Standar panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 12,5 cm
Hebel Standar panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 15 cm
Hebel Standar panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 20 cm

Hitung dahulu luas bangunan kamu selanjutnya baru hitung lagi kebutuhan hebelnya. Perlu di ingat Cara Menghitung Kebutuhan Hebel harus akurat jangan sampai lebih karena akan menjadi sisa yang mubazir.

Buat kamu yang baru berrencan menggunakan batu ringan atau hebel perlu mengetahui beberapa informasi berikut ini menggenai batu hebel. Beberapa kelebihan hebel yang mungkin perlu di ketahui.

Cara Menghitung Kebutuhan Hebel Untuk Rumah

1. Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

Harga satuan pada Bata Herbel memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan Bata Merah dan Batako. Bata Herbel juga biasanya dijual dengan satuan meter kubik dengan harga umum berkisar antara Rp.700.000,- hingga Rp.750.000,- per-kubiknya.

Selain itu, Bata Herbel juga memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran bata merah ataupun batako sehingga proses pemasangannya pun bisa lebih praktis dan lebih cepat. Dengan begitu, tentunya bisa lebih menghemat biaya pemakaian plester sebanyak 50% dan bisa mengurangi biaya harian para pekerja bangunan.

2. Proses Pemasangan Lebih Cepat

Bata Herbel memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan proses pemasangan pada bangunan yang menjadikan pengerjaannya pun akan menjadi lebih ringan. Cara untuk memasangnya pun lebih praktis karena hanya dengan menggunakan perekat khusus berupa semen instan atau mortar sehingga tidak perlu memerlukan material lainnya seperti pasir dan kapur untuk merekatkan Bata Herbel tersebut.

Berbeda dengan Bata Merah dan Batako yang pemasangannya harus menggunakan beberapa material lain seperti, pasir, air, semen dan kapur untuk merekatkannya yang bisa memerlukan waktu cukup lama saat mencampur ketiga material tersebut untuk merekatkan Bata Merah dan Batako. Dengan begitu, bangunan yang menggunakan Bata Herbel sudah pasti lebih cepat selesai dibandingkan dengan bangunan yang menggunakan Bata jenis lainnya seperti Bata Merah dan Batako.

3. Memiliki Dua Jenis Varian yang Bisa Dipilih

Ada dua jenis varian Bata Herbel yang biasa digunakan untuk membuat dinding bangunan, dimana kedua jenis varian Bata Herbel ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun kedua jenis Bata Herbel tersebut yaitu, Bata Herbel AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dan Bata Herbel CLC (Cellular Lightweight Concrete).

Kedua jenis Bata Herbel ini dibuat dari campuran material yang sama, namun memiliki komposisi yang berbeda disetiap materialnya. Selain itu, ada hal lain yang membedakan dari kedua jenis Bata Herbel ini yaitu pada proses pengeringannya, Bata Herbel AAC dikeringkan dengan menggunakan tekanan tinggi sedangkan pada Bata Herbel CLC proses pengeringannya menggunakan cara alami sehingga tingkat kekuatan pada setiap jenis Bata Herbel juga ikut berbeda.

4. Memiliki Ketahanan Sekuat Beton

Bobot yang ringan pada Bata Herbel mungkin membuat kita ragu untuk dijadikan sebagai dinding rumah, namun jangan salah karena Bata Herbel ini terbuat dari campuran beton sehingga memiliki ketahanan yang sama kuatnya dengan ketahanan pada material beton. Kekuatan pada Bata Herbel ini pun sudah memenuhi standar kekuatan bangunan anti gempa sehingga lebih aman jika digunakan untuk bangunan bertingkat.

Bata Herbel memang pada awalnya lebih populer digunakan pada bangunan bertingkat seperti Mall, Perkantoran, Rumah Sakit atau bangunan bertingkat lainnya, namun sekarang pemakaian Bata Herbel banyak digunakan sebagai material bangunan untuk rumah karena kekuatannya yang tidak kalah dari material bangunan lainnya seperti Bata Merah dan Batako. Selain memiliki ketahanan yang kuat, Bata Herbel juga terlihat lebih rapi saat dipasang sehingga tidak perlu cepat-cepat untuk memplester dingding Bata Herbel tersebut jika belum memiliki cukup uang untuk memplesternya.

5. Memiliki Insulator Suhu yang Baik

Tidak hanya memperingan pekerjaan dan memperkuat ketahanan pada sebuah bangunan saja, Bata Herbel juga mampu membuat bangunan secara utuh terlindungi dengan sangat baik. Hal ini karena pori-pori yang terdapat pada permukaan pada Bata Herbel mampu menyerap udara panas dari luar sehingga membuat suhu didalam ruangan akan tetap terasa dingin.

Dengan pemakaian Bata Herbel ini pastinya sangat cocok untuk kamu yang suka beristirahat siang karena istirahat kamu tidak akan terganggu dari cuaca yang panas. Dengan demikian, pamakaian Bata Herbel juga bisa menjadi rekomendasi untuk kau yang ingin membangun rumah.

6. Finishing Dinding Lebih Mudah

Keunggulan lain dari Bata Herbel ini yaitu mempermudah saat melakukan finishing pada dinding. Hal ini karena permukaan pada Bata Herbel memiliki sisi yang lebih presisi dan tingkat kerataan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis Bata lainnya.

Dengan begitu, keunggulan dari Bata Herbel ini tentu akan mempercepat proses pengerjaan konstruksi dari sebuah bangunan. Hasil akhir yang dihasilkan pada bagunan yang menggunakan Bata Herbel juga akan terlihat lebih rapi dan lebih halus, bahkan penyelesaiannya pun bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan Bata jenis lainnya.

7. Lebih Rapi dan Lebih Bersih

Bentuk Bata Herbel yang memiliki karakteristik halus akan lebih mudah dipasang dibandingkan dengan jenis Bata lainnya. Selain itu, cara memasangnya pun juga sangat simple yaitu hanya dengan menggunakan perekat khusus sehingga tidak menyebabkan berantakan saat memasang Bata Herbel tersebut.

Berbeda dengan jenis Bata Merah dan Batako yang cara memasangnya harus menggunakan campuran material lain seperti Pasir, Semen, Air dan kapur yang menyebabkan tempat menjadi lebih kotor pada saat pemasangan material tersebut. Dengan demikian, hasil akhir pada bangunan yang menggunakan Bata Herbel akan terlihat lebih rapi dan lebih bersih karena tidak ada bekas pasir yang berceceran.

Demikain beberapa kiat dari Pemborong.id untuk menghitung dan Cara Menghitung Kebutuhan Hebel yang benar semoga bisa bermanfaat. Sama pentingnya dengan Harga Plat Bondek Per M2 yang juga harus kamu ketahui untuk kebutuhan hunian kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *