Desain Rumah 2 Lantai Sederhana & Tips Serta Persiapan

Tips Desain Rumah 2 Lantai

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana – Saat ini, lahan untuk perumahan semakin mahal. Belum lagi biaya untuk pembangunan rumahnya. Biaya yang dikeluarkan jelas sangat besar. Untuk menyiasati lahan kecil tersebut, banyak orang yang mendirikan rumah dua lantai.

Supaya bisa menekan harga pembangunan, banyak orang yang memilih desain sederhana dan minimalis. Supaya bisa mendapatkan rumah dua lantai yang berbiaya hemat namun tetap kokoh dan bertahan lama, maka Anda harus merencanakan dengan baik pembangunannya.

Jangan sampai, karena ingin menekan biaya pembangunan maka mengabaikan saat pengerejaan kontruksi. Tidak ada salahnya untuk menghubungi arsitek dan desain interior supaya Anda mendapatkan bangunan yang tepat sesuai anggaran yang dimiliki.

Dalam kesempatan kali ini Pemborong.id akan memberikan informasi yang menarik menggenai rekomendasi desain Rumah 2 lantai sederhana dan beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum membuat rumah 2 lantai sederhana. Nantinya supaya Anda tidak tambah bingung, Anda bisa mengikuti beberapa tips dalam membangun rumah dua lantai berikut ini.

Tips Desain Rumah 2 Lantai Sederhana

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana

1. Buat Perencanaan yang Matang

Perencanaan adalah pangkal dari segalanya. Tanpa perencanaan yang matang dan baik maka pembangunan bisa mengarah ke arah yang tidak jelas. Buatlah susunan rencana desain rumah 2 lantai sederhana yang mantap sejak awal, mulai dari pemilihan material, pemilihan tukang kerja serta eksekusi pembangunan.

Karena dalam membangun sebuah rumah akan menghabiskan banyak waktu, tenaga dan juga biaya yang banyak. Jika perencanaan sudah buruk sejak awal, maka semua yang sudah dikeluarkan akan sia-sia.

2. Perhatikan Kondisi Tanah dan Lingkungan

Anda harus memperhatikan tekstur, kondisi serta ukuran dari lahan yang akan dibangun. Semua itu akan mempengaruhi pembangunan rumah.

Desain rumah juga akan disesuaikan dengan keadaan sekitar supaya hasilnya nyaman untuk ditinggali. Begitu juga dengan keadaan lingkungan sekitar tanah yang akan dibangun. Tidak boleh luput dari perhatian. Pilihlah lingkungan yang nyaman untuk ditinggali.

3. Pilih Konsep yang Tepat

Langkah selanjutnya dalam memilih desain rumah 2 lantai sederhana adalah memilih konsep yang tepat. Dalam membangun rumah, ada tiga macam konsep besar yang bisa dipilih. Konsep split level adalah konsep pertama yang juga dikenal dengan konsep gantung.

Untuk memberikan konsep gantung tersebut, ada dua tangga yang menghubungkan dua ruangan dengan tingkat ketinggian berbeda. Konsep ini bisa memberi kesan rumah lebih luas sehingga cocok digunakan pada rumah dengan lahan minimalis.

Konsep kedua adalah konsep split-grow. Konsep ini cocok digunakan di lahan yang luas namun minim budget. Konsep yang ketiga adalah konsep centralized di mana dalam rumah ini setiap ruangan terhubung tanpa adanya batasan sehingga memberi kesan luas.

Konsep ini cocok digunakan di lahan luas maupun sempit dan anggaran yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi. Dari ketiga konsep ini, Anda bisa melihat jelas mana yang lebih cocok untuk bangunan rumah dua lantai Anda.

4. Tipe, Denah dan Estimasi Biaya Rumah

Setelah memiliki konsep, Anda harus menentukan tipe rumah. Ini harus disesuaikan dengan lahan yang tersedia, kebutuhan akan ruang dalam rumah serta anggaran yang ada. Setelah itu buat denah dari desain rumah 2 lantai sederhana yang akan dibangun. Detail setiap ruangan diperlukan supaya setiap lahan yang ada dimanfaatkan dengan baik. selain itu, rincian ini akan membantu Anda menghitung semua biaya yang perlu dikeluarkan.

Supaya tidak ada kesenjangan saat membangun, proses pengukuran lahan harus dilakukan secara akurat dan tepat. Pengukuran ini bisa membantu Anda menentukan seberapa banyak bahan yang harus dibeli sehingga tidak ada anggaran yang dikeluarkan dengan percuma. Jika rincian bangunan dan bahan yang dibuat ternyata melebihi estimasi biaya yang Anda miliki, maka buatlah penyesuaian. Jangan memaksakan ingin sepenuhnya sesuai keinginan supaya pembangunan tidak mandeg di tengah jalan.

5. Material Terjangkau dan Berkualitas

Desain Rumah 2 Lantai Tampak DepanSupaya tetap dalam jangkauan estimasi biaya yang sudah ditentukan, maka pilihlah material dengan harga terjangkau. Harga lebih rendah tidak berarti kualitasnya juga rendah karena saat ini sudah banyak material berkualitas dengan harga terjangkau. Ingat kembali konsep desain rumah 2 lantai sederhana milik Anda sehingga Anda akan menyesuaikan material dengan konsep dan juga budget.

6. Gunakan Jasa Arsitek dan Desain Interior yang Profesional

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa menggunakan jasa arsitek dan desain interior itu hanya membuang uang percuma. Padahal, dengan menggunakan jasa kedua ahli tersebut, Anda sudah bisa menghemat banyak uang. Dengan keahlian dan pengetahuan yang mereka miliki, Anda bisa mendapatkan desain rumah yang sesuai dengan lahan juga kebutuhan. Pemilihan material juga bisa mereka sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki dan tetap memenuhi ekspektasi.

7. Perhatikan Pondasi

Dalam membuat desain rumah 2 lantai sederhana Anda harus sangat memperhatikan pondasi. Pondasi ini harus kuat dan kokoh supaya bisa menahan bangunan yang tinggi. Selain itu, dengan kuat dan kokohnya pondasi, bangunan rumah Anda bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. Tidak mengapa jika Anda menghabiskan lebih banyak biaya untuk bagian pondasi dengan membeli material terbaik, yang terpenting rumah Anda bisa berdiri dengan baik.

8. Pilih Tangga yang Tepat

Rumah dua lantai tentu saja memiliki tangga sebagai penghubung dari lantai satu ke lantai dua. Oleh sebab itu, pemilihan tangga pada bangunan rumah ini sangatlah penting. Pilihlah tangga yang kuat dan kokoh supaya aman untuk diinjak. Untuk material tangga biasanya menggunakan keramik, kayu dan juga besi. Tentu saja ketika memilih tangga ini harus disesuaikan juga dengan konsep keseluruhan rumah.

Sesederhana apapun rumah yang akan Anda bangun, buatlah rumah tersebut senyaman mungkin karena di sanalah Anda akan menghabiskan waktu. Desain rumah 2 lantai sederhana bisa tetap terlihat elegan selama Anda bisa memilih rancangan dan dekorasi yang tepat meskipun dengan anggaran biaya yang tidak tinggi. Simak juga nih informasi bermanfaat lainnya seperti “Biaya Borongan Pasang Granit Per Meter” yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *