Harga Borongan Pasang Paving
Biaya Borongan

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru 2021

Harga Borongan Pasang Paving – Bisa tidak ya rumah dengan halaman yang sempit dipasang paving block? Jawabanya bisa. Penggunaan paving block pada hunian minimalis akan membuatnya tampak rapi dan juga bersih.

Paving block bisa menjadi alternatif paling tepat agar halaman rumah terlihat lebih rapi. Bagi yang berminat memasangnya, silahkan simak informasi mengenai harga borongan pasang paving yang kami sampaikan pada artikel pemborong.id berikut ini.

Pengertian Paving Block

Paving block atau dikenal juga dengan istilah conblock adalah beton ringan yang dicetak persegi, lingkaran, segitiga atau bentuk lainnya dan disusun rapi mengunci satu sama lain di atas permukaan tanah yang tidak rata atau tidak stabil. Selain dipasang di rumah, paving block juga bisa digunakan sebagai pengganti aspal.

Paving block biasa dipasang di halaman rumah, berguna untuk memadatkan tanah yang lunak dan mencegah genangan air masuk ke dalam rumah. Karena meskipun fungsinya memadatkan, paving block tetap menyisakan sedikit rongga disela-sela untuk mengalirkan air dari atas tanah ke dalam tanah. Dengan begitu resapan air rumah Anda bisa terjaga dengan baik.

Beberapa Jenis Paving Block

Beberapa jenis paving block biasa digunakan untuk pemadatan jalan dan kebutuhan estetika rumah. Untuk tujuan estetika rumah, sebenarnya semua jenis paving block cocok dipasang di sana. Tinggal bagaimana kreasi kita saja dalam menyusun motif yang menarik.

Bahkan beberapa ahli paving berencana untuk mengembangkan software yang dapat mendesain paving block sesuai dengan kebutuhan kawasan publik, perumahan, industri, halaman, mobil pribadi maupun truk kontainer. Hal tersebut patut diapresiasi, lantaran paving block yang tidak bisa menahan beban di atasnya bisa saja membuat tanah amblas.

Sementara, di Indonesia banyak sekali jenis dan motif paving block yang biasa kita jumpai dilingkungan sekitar. Ada yang berbentuk simetris dan berbetuk benda 2 dimensi dengan ukuran panjang dan ketebalan beragam. Ada juga paving block berwarna natural dan paving block yang diberi warna untuk menambah keindahan.

  1. Jenis Bata. Paving dengan jenis ini mirip sekali dengan batu bata, salah satu material yang digunakan untuk membangun rumah. Paving jenis ini sering sekali dijumpai karena modelnya yang simple dan minimalis. Jenis ini menjadi favorit karena pemasangannya tidak butuh waktu lama dan harganya cukup terjangkau
  2. Jenis Kubus. Jenis paving ini sama sederhananya dengan jenis bata. Jenis paving ini juga praktis dan mudah dipasang. Belakangan jenis ini menjadi primadona dikalangan perumahan modern minimalis. Anda bisa mengombinasikannya dengan model lain agar lebih menarik.
  3. Jenis Hexagon. Sesuai namanya, paving ini memiliki bentuk persegi enam. Model ini sering dipakai pada area publik seperti taman. Jenis ini juga sangat familiar dan mudah ditemukan disekitar Anda. Hexagon paving block memiliki bentuk menarik dengan pilihan warna yang cantik, cocok untuk lingkungan rumah Anda.
  4. Jenis Topi Uskup. Paving jenis ini biasa menjadi kuncian sisi luar paving bata atau paving lain yang berbentuk persegi. Mengunci paving dengan topi uskup bisa lebih memperkuat pemasangan paving. Paving topi uskup hanya dijadikan pelengkap, sehingga kita bisa menghemat pemasangan paving
  5. Jenis Cacing. Paving cacing juga biasa digunakan pada jalan di perumahan. Bentuknya tidak biasa karena terdapat liukan di kedua sisinya yang membuatnya nampak seperti cacing. Paving jenis ini sulit dikombinasikan dengan paving jenis lain. Meski begitu tetap saja ada yang menggunakan jenis ini sebagai variasi.
  6. Jenis Grass Block. Paving ini juga dikenal dengan sebutan paving lubang karena pada permukaannya terdapat lubang yang dapat membuat resapan air masuk dengan bebas. Paving grass block memudahkan rumput pada tanah tumbuh pada lubang-lubang paving. Jenis paving ini cocok digunakan untuk menunjang hunian asri Anda.
  7. Jenis Trihex. Jenis ini terbilang rumit secara tampilan juga pemasangan. Terdapat tiga buah hexagon yang tersusun menjadi satu. Trihex tidak bisa dikbinasikan dengan jenis paving lain. Meskipun rumit dan terkesan monoton, paving ini tetap bagus dipasang di pekarangan rumah Anda.
  8. Jenis Ubin Set. Salah satu jenis paving yang terbilang cantik ketika dipasang adalah jenis ubin set. Dalam satu set, jenis paving ini bisa terdiri dari 4-5 buah dengan komposisi 4 jenis paving block kubus sama besar dan disisipi 1 paving kecil ditengah. Memasang paving jenis ini tidak perlu pusing mengkombinasikannya dengan model lain.

Kelebihan dan Kekurangan Memasang Paving Block

Meskipun menimbulkan kesan positif karena terlihat indah, rapi, serta bersih pada lingkungan tetap saja penggunaan paving block memiliki kekurangan. Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan menggunakan paving block, coba simak paparan plus minusnya berikut ini.

Kelebihan Paving Block

  1. Memasang paving block lebih ekonomis, karena harga paving yang relatif lebih murah ketimbang harus menggunakan aspal atau cor-coran
  2. Pemeliharaannya cenderung mudah
  3. Memiliki daya serap terhadap air maupun genangan yang tinggi
  4. Penggunaan paving block sangat ramah lingkungan
  5. Mudah diganti dan dipasang ulang jika terjadi penurunan tanah
  6. Pemasangannya terbilang mudah, cukup mengisi sela-sela paving dengan pasir agar terkunci rapat
  7. Paving sangat fleksibel digunakan pada perumahan, jalan maupun industri
  8. Materialnya ringan
  9. Desainnya menarik dan beragam

Kekurangan Paving Block

  1. Paving block mudah bergelombang jika pada proses pemasangannya tidak terkunci dengan kuat
  2. Kurang pas jika digunakan pada jalan dengan intensitas laju kendaraan yang tinggi
  3. Mudah renggang jika tidak teliti saat pemasangan.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut Anda bisa menggunakan jasa borongan pasang paving berpengalaman dan profesional. Pastikan juga pilih jasa borongan yang mudah dihubungi agar urusan Anda cepat dilayani.

Teknik Memasang Paving Block

Jenis Jenis Paving
Diantara semua jenis paving, paving block bata adalah yang paling mudah dipasang. Meskipun mudah, tetap saja ada hal yang perlu diperhatikan oleh tukang agar hasil yang di dapat maksimal dan paving terkunci rapat, tidak mudah bergeser. Ini dia beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika tukang memasang paving block.

Pertama, pastikan lahan yang akan dipakai untuk memasang paving block padat. Tujuannya untuk menghindari renggangan dan tanah yang amblas setelah pemasangan. Kedua, pastikan tanah yang telah padat tadi dalam kondisi rata. Ketiga, Kanstin beton harus terpasang agar paving tidak bergeser.

Keempat, gelar abu yang baru dan ikuti kemiringan yang telah ditentukan, lalu ratakan dengan jidat kayu. Kelima, lakukan pemasangan paving dengan jalan mundur ke belakang. Keenam, pasang terlebih dahulu tepian paving dengan paving topi uskup atau potong sudut sisa dengan paving block cutter.

Ketujuh, isi nat paving dengan abu batu menggunakan teknik joint filler ketika area sudah terpasang paving dengan sempurna. Kedelapan, padatkan paving block sampai terkunci dengan benar menggunakan stamper kodok atau baby roller satu sampai dua kali. Terakhir, bersihkan sisa abu batu dari area yang telah terpasang paving.

Menghitung Kebutuhan Paving Block

Menghitung jumlah paving yang akan dipasang di rumah Anda sangat penting untuk memperhatikan biaya yang dikeluarkan. Kebutuhan paving halaman depan tentu berbeda dengan halaman belakang. Jenis paving yang akan dipakai juga berpengaruh terhadap jumlah paving yang dibutuhkan.

Lantas bagaimana caranya? Caranya tinggal kalikan saja jumlah paving per meter persegi dengan luas area yang akan dipasang paving. Biasanya isi paving bata per meter persegi adalah 44 buah/ m2. Sementara paving cacing berisi 39 buah/ m2. Jika ingin menghitung harga satuan karena hanya akan memakai sedikit, tinggal bagi saja harga paving/ m2 dengan jumlah paving/ m2.

Harga Paving Per Meter

Harga Paving Block Per Meter
Setelah menghitung kebutuhan paving yang diperlukan, maka anda tinggal membelinya sendiri atau menggunakan jasa borongan pasang paving. Apabila ingin lebih murah kami sarankan untuk memasangnya sendiri dibanding menggunakan jasa borongan. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harga paving yang beredar dipasaran silahkan simak di bawah ini.

  • Harga Paving Block Bata 8cm : Rp. 85.000/m2
  • Harga Paving Block Bata 6cm : Rp. 55.000/m2
  • Harga Paving Block Hexagon 6cm : Rp. 55.000/m2

Perlu kalian ingat bahwa harga paving block di setiap daerah berbeda-beda. Harga di atas merupakan harga yang kami dapatkan dari beberapa marketplace dan merupakan harga per meter persegi. Untuk mengetahui harga pastinya silahkan cek langsung di penjual paving terdekat.

Harga Borongan Pasang Paving

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Bagi yang ingin terima beres tanpa perlu repot-repot membeli paving dan mencari tukang untuk memasangnya maka lebih baik menggunakan jasa borongan pasang paving. Biaya yang dikeluarkan mungkin lebih banyak, namun tak jadi masalah selama paving bisa terpasang secara rapi.

Berbicara mengenai harga borongan pasang paving, kami yakin setiap pemborong mematok jasanya dengan harga berbeda-beda. Namun biasanya harga borongan pasang paving di patok sekitar Rp. 135.000/m2 sampai Rp. 165.000/m2

Harga borongan pasang paving di atas merupakan biaya pemasangan dari nol sampai beres, termasuk upah tenaga pasang dan finishing. Sedangkan untuk borongan pemasangan saja tanpa material sekitar Rp. 22.000/m2.

Perlu anda ingkat bahwa harga borongan pasang paving di atas hanya khusus untuk paving jenis standar dengan ukuran sekitar 6cm. Sedangkan untuk paving jenis lainnya meungkin lebih mahal.

Tidak menutup kemungkinan harga borongan pasang paving di daerah anda lebih murah atau bahkan lebih mahal. Silahkan anda survey sendiri dan semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa menjadi referensi. Selain itu, simak pula artikel sebelumnya mengenai cat tembok terbaik dan harga borongan rumah type 36.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *