Harga Borongan Rumah Type 36
Biaya Borongan

Harga Borongan Rumah Type 36 Per Meter Terbaru 2021

Harga Borongan Rumah Type 36 – Memiliki rumah adalah dambaan setiap orang. Terlepas dari statusnya yang sudah menikah atau belum. Selain bisa terbebas dari biaya sewa setiap bulannya. Membeli rumah juga bisa dijadikan sebagai investasi. Anda pun bisa memilikinya dengan membangun sendiri rumah sesuai keinginan.

Dibandingkan dengan jenis properti lain, rumah type 36 kini sedang naik daun karena memiliki keistimewaan tersendiri. Meskipun terbilang kecil, rumah type 36 juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dihuni oleh pasangan baru atau keluarga kecil. Apa saja kelebihan rumah type 36? Simak ulasan pemborong.id berikut ini.

Kelebihan Rumah Type 36

Gambar Rumah Type 36

1. Cocok Diterapkan Pada Lahan Terbatas

Masa di mana lahan kian terbatas, membuat para pengembang membuat tren baru dengan membangun rumah mungil. Tipe 36 ini menjadi salah satu tipe yang laris di pasaran. Rumah dengan type ini dapat ditawarkan pengembang dengan harga terjangkau. Namun jika Anda ingin membangunnya sendiri, pilih harga borongan rumah type 36 yang lebih murah.

2. Lebih Mudah Dibersihkan

Rumah mungil tipe ini sudah pasti mudah untuk dibersihkan. Setiap sudutnya bisa dengan santainya Anda bersihkan secara detail dan mendalam. Beda cerita kalau rumah yang Anda tempati berukuran besar dan luas, tentu akan semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk membersihkannya.

Selain itu rumah yang mungil dan tidak banyak barang akan menimbulkan kesan minimalis dan rapi. Sisa waktu yang Anda habiskan untuk membersihkan rumah bisa Anda salurkan untuk kegiatan produktif lainnya seperti berkebun, memasak dan menyetrika pakaian. Rumah yang kecil bisa memaksimalkan penggunaan waktu 24 jam yang Anda miliki.

3. Penataan Dekorasi yang Mudah

Rumah minimalis dengan type 36 juga bisa ditata dan dekorasi ulang loh. Rancangan rumah dengan desain minimalis akan menghemat harga borongan rumah type 36 Anda. Karena ruang gerak yang sempit, Anda tentu akan berpikir dua kali untuk menimbun perabot. Memiliki rumah type 36 juga bisa mencerminkan kepribadian diri, lewat gaya dekorasi yang digunakan.

Memiliki hunian mungil dengan lahan terbuka tambahan juga bisa memudahkan Anda untuk merenovasi bangunan rumah. Seperti memindahkan lokasi toilet, membangun kamar tambahan atau meningkatnya. Jadi, Anda tidak perlu repot dan khawatir lagi untuk beli atau menyewa rumah baru ketika anak bertambah.

4. Mudah Dijual Kembali

Berbeda dengan properti lainnya, semahal apapun harga rumah type 36 tetap lebih mudah untuk dijual kembali. Tidak seperti apartemen atau rumah susun yang sulit atau tidak bisa dijual, apalagi jika lokasinya tidak strategis. Selain itu, rumah dianggap lebih manusiawi untuk ditinggali daripada apartemen atau sejenisnya.

5. Rendahnya Biaya Pemeliharaan

Apapun bentuk properti, pasti ada resikonya. Salah satunya resiko dalam memelihara bangunan agar tetap terjaga kualitasnya. Rumah mungil dianggap memiliki resiko pemeliharaan lebih rendah dibanding dengan apartemen yang harus membayar biaya pemeliharaan setiap bulannya meskipun fasilitasnya tidak kita nikmati.

6. Harga Tunai dan Cicilan Lebih Miring

Harga rumah type 36 terbilang murah. Itulah mengapa para developer bangunan juga berani menawarkan Anda skema harga cash maupun cicilan rumah yang lebih terjangkau. Cicilan yang sedikit akan meringankan beban hutang penghasilan bulanan. Anda pun bisa mengalokasikan sisa penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tabungan.

7. Cocok untuk Keluarga Kecil

Idealnya rumah type 36 ini bisa dihuni oleh lajang, pasangan baru atau keluarga kecil dengan satu anak. Hal ini karena ruangan yang tersedia pada type ini terbatas, berkisar 2 ruang kamar tidur saja. Bisa saja rumah type 36 ini dihuni oleh lebih dari 3 orang, tapi sangat tidak disarankan karena mempengaruhi ruang gerak masing-masing individu keluarga.

Anda dapat membangun rumah dengan ukuran yang lebih besar dan luas. Konsultasikan pembangunan rumah type 36 impian, dengan arsitek langganan Anda. Jangan lupa perhatikan lahan terbuka yang bisa Anda bangun ulang ke depannya.

8. Batas Hunian Terkecil

Pada tahun 2011, menteri perumahan rakyat Djan Faridz telah menetapkan tidak akan menghapus ketentuan dalam pasal 22 ayat 3 aturan undang-undang No.1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman,  yang berisi tentang batas minimal ukuran suatu rumah. Beliau mengatakan rumah dengan type 36 sudah sangat ideal.

Ideal dan layak huni. Sesuai untuk membentuk karakter keagamaan, kebangsaan dan kepribadian bangsa. Rumah type 36 dikatakan layak, lantaran dapat membagi ruangan dengan ideal, yakni 2 kamar tidur, dapur, kamar mandi dan ruang tamu. Pembagian kamar menjadi dua ruangan juga akan memudahkan kita untuk mendidik anak menjadi sosok yang mandiri.

9. Investasi Jangka Panjang

Walaupun berukuran kecil, rumah tetaplah rumah. Aset tidak bergerak yang nilainya akan terus naik seiring bertambahnya waktu. Cocok sekali jika Anda menjadikan rumah mungil type 36 ini sebagai investasi jangka panjang. Selain harga jualnya yang akan terus melonjak ke atas, memiliki rumah mungil juga bisa menambah pundi-pundi kita dengan menyewakannya.

Investasi ini tentu bisa kita wariskan kepada anak cucu kita kelak. Karena rumah masuk dalam daftar harta benda warisan yang telah diatur dalam undang-undang. Rumah dengan Sertifikat Hak Milik tentu akan lebih bernilai untuk diwariskan kelak kepada anak cucu kita supaya tidak ada sengketa yang menyusahkan di kemudian hari.

Masih banyak lagi hal yang menjadikan rumah minimalis laris dibeli. Beberapa alasan di atas adalah rahasia dibalik orang memperjuangkan membeli rumah meskipun kecil. Anda juga bisa membangun rumah minimalis sesuai dengan karakter diri.  Nah setelah mengetahui semua kelebihan di atas, lalu berapakah harga borongan rumah type 36?

Harga Borongan Rumah Type 36

Dengan semua kelebihan di atas, bisa dikatakan rumah type 36 merupakan pilihan paling tepat bagi anda yang ingin membangun rumah untuk investasi maupun hunian pribadi.

Jika sebagai hunian pribadi mungkin terlalu kecil, terutama bagi yang memiliki banyak anggota keluarga. Namun jika budget yang dimiliki pas-pasan, maka rumah type tersebut tetap bisa menjadi pilihan utama. Sebab harga borongan rumah type 36 tergolong cukup terjangkau.

Namun perlu anda ketahui bahwa harga borongan rumah type 36 berbeda-beda disetiap daerah. Kualitas material yang digunakan juga sangat berpengaruh. Apabila menggunakan material berkualitas standar mungkin cukup dengan budget Rp. 2.5 Juta/meter persegi.

Apabila menggunakan material bahan bangunan yang lebih mewah seperti lantai granit, plafon PVC, dll maka bisa dipastikan lebih mahal. Paling tidak anda membutuhkan budget sekitar Rp. 3-3.5 Juta/meter persegi.

Lebih baik anda berkonsulitasi langsung ke kontraktor atau pemborong terdekat untuk bertanya langsung mengenai harga borongan rumah type 36 sesuai harga yang berlaku di daerah anda. Jangan lupa untuk menanyakan kualitas material yang digunakan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cukup sekian informasi seputar harga borongan rumah type 36 pada artikel pemborong.id kali ini. Semoga informasi di atas bisa menjadi gambaran bagi anda yang tertarik membangun rumah type 36. Simak pula informasi sebelumnya mengenai harga tangga minimalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *