Biaya Borongan

Harga Borongan Rumah Type 45 dan Cara Perhitungannya

Harga Borongan Rumah Type 45 – Rumah yang dibangun dengan konsep dan desain sesuai keinginan tentu menjadi dambaan setiap orang. Maka dari itu, tidak jarang pemilih rumah memilih tanah kavling atau rumah jadi untuk dibangun ulang sesuai konsep yang diinginkan.

Bagi Anda yang menyukai rumah minimalis, rumah dengan type 45 adalah pilihan yang tepat. Dibandingkan dengan type 36, rumah type 45 memiliki ruangan yang lebih luas. Walaupun keduanya memiliki 2 kamar tidur, namun rumah type 45 cukup luas dan nyaman untuk keluarga.

Bagi Anda yang akan membangun rumah type 45, berikut cara yang dapat dilakukan dalam menghitung estimasi besaran biaya pembangunannya.

Ukuran Luas Tanah

Ukur Luas Tanah

Langkah tepat yang dapat dilakukan sebelum membangun rumah yaitu dengan cara mengukur lahan tersebut. Dengan mengukur luas lahan yang tersedia, maka Anda dapat memerkirakan estimasi harga borongan rumah type 45 yang akan dibutuhkan dalam membuat rumah per meter persegi.

Salah satu contohnya, bila Anda ingin memiliki rumah minimalis dengan type 45/60 dan tanah dijual seharga Rp2 juta per meter persegi. Maka estimasi pembangunan biaya rumah type 45 sekitar Rp2 juta x 60 = Rp120 juta. Pastikan Anda telah menghitungnya secara tepat agar dana yang disediakan sesuai dengan tujuan pengeluarannya.

Perhatikan Desain Bangunan

Setelah memastikan estimasi harga borongan rumah type 45, langkah yang dapat dilakukan yaitu memilih desain sesuai keinginan. Untuk memilih desain rumah, sebaiknya Anda menggunakan jasa arsitek untuk berkonsultasi. Sebelum dibangun, jasa arsitek pasti dapat merencanakan secara tepat terkait material yang digunakan, desain rumah, dan kondisi lingkungan.

Biasanya sebuah perusahaan jasa arsitek profesional akan memasang tarif desain rumah mulai Rp1 juta-Rp5 juta per meter persegi. Selain memasang tarif per meter persegi, tidak jarang jasa arsitek memasang tarif berdasarkan anggaran biaya dari bangunan. Semakin banyak pengalaman dari jasa arsitek yang Anda pilih, maka harga jasanya juga semakin mahal.

Namun semakin tinggi pengalaman jasa arsitek, maka desain rumah Anda juga semakin terjamin. Jasa arsitek profesional pasti memerhitungkan semua bagian terpenting untuk menciptakan rumah nyaman sesuai konsep yang Anda inginkan. Selain itu, dengan menggunakan jasa arsitek maka bangunan rumah Anda dapat digunakan secara maksimal tanpa adanya ruangan sisa yang tidak digunakan.

Perhitungkan Material Bangunan

Menghitung jumplah material

Setelah konsep yang Anda inginkan telah digambar oleh arsitek dalam bentuk desain, selanjutnya Anda dapat menghitung estimasi harga borongan rumah type 45 dari material yang dibutuhkan. Biasanya saat membangun rumah material yang diperlukan yaitu pasir, batu kerikil, semen, batu bata, genteng, cat, kayu, dan bahan material lainnya.

Bahan-bahan material yang dibutuhkan dalam membangun rumah tersebut diperkirakan mencapai Rp3 juta per meter. Biasanya estimasi pengeluaran untuk bahan material tersebut belum termasuk instalasi listrik. Untuk menghindari pembengkakan biaya, Anda dapat membeli bahan material bangunan sesuai anggaran dan jangan dilebihkan.

Pastikan Anda menghitung rincian kebutuhan yang diperlukan dengan benar agar tidak terjadi pembengkakan biaya. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan jasa arsitektur, diskusikan secara jelas tentang material yang diinginkan. Biasanya seorang arsitek lebih memahami harga di pasaran dan dapat mengetahui toko yang menjual bahan material berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Perhitungkan Biaya Tukang

Perkiraan harga borongan rumah type 45 selanjutnya yaitu dengan memerhitungkan pembayaran tukang. Tarif pembayaran tukang tentu berbeda antara satu daerah ke daerah lain. Selain itu, besar kecilnya pembayaran tukang juga disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki dalam membangun rumah.

Terdapat tiga sistem pembayaran dalam membayar tukang, yaitu sistem harian, sistem pembayaran jasa dan sistem pembayaran borongan penuh.
Apabila Anda menggunakan sistem harian, maka Anda harus menyiapkan sendiri desain sesuai keinginan.

Selain itu, pekerjaan tukang harus selalu Anda awasi setiap hari agar tidak terjadi kesalahan saat membangun rumah. Untuk pembayaran jasanya, biasanya tukang harian dibayar antara Rp70.000,00 hingga Rp200.000,00 per hari bergantung keahlian yang dimiliki.

Sedangkan apabila Anda menggunakan pembayaran jasa, biasanya dihitung berdasarkan luas lahan yang akan dibangun. Biasanya dikenakan dengan pembayaran jasa sekitar Rp600.000,00 hingga Rp800.000,00 per meter persegi.

Apabila Anda tidak ingin repot mengurusi segala keperluan pembangunan, Anda dapat menggunakan sistem borongan total. Biasanya kontraktor mematok tarif antara Rp3 juta hingga Rp5 juta per meter persegi.

Dengan menggunakan sistem borongan total, tentu lebih praktis tanpa perlu mengurus keperluan pembangunan. Namun meski begitu, Anda juga harus dapat memilih kontraktor yang terpercaya dan tidak mengecewakan.

Biaya Lain-lain

Cara Menghitung biaya bangunan

Saat membangun rumah, jangan lupakan biaya-biaya sampingan lain yang berhubungan dengan harga borongan rumah type 45 seperti pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan), biaya pindahan, dan biaya lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk memersiapkan dana tambahan sekitar 10% dari total semua dana pengeluaran. Dana cadangan ini digunakan saat membutuhkan anggaran yang tidak terduga.

Saat berencana membangun rumah, pastikan Anda memiliki dana cadangan lain. dana cadangan ini bertujuan agar saat terjadi kebutuhan yang mendesak, maka dapat langsung digunakan. Kebutuhan mendadak dalam proses membangun rumah cukup beragam, seperti naiknya harga material.

Maka dari itu dengan adanya dana cadangan ini tentu dapat membuat proses membangun rumah berjalan lebih lancar.

Untuk menciptakan rumah modern minimalis dan nyaman, maka diperlukan adanya persiapan matang agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan.

Dengan memahami secara jelas harga borongan rumah type 45, maka Anda dapat lebih memahami tentang estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai harga borongan rumah type 45 beserta cara menghitungnya. Dengan mengetahui harga borongan rumah type 45 pastinya kalian dapat memperkirakan berapa dana yang harus anda keluarkan untuk membangun sebuah hunian type 45.

Selanjutnya jangan lupa terus baca artikel terbaru dari kami mengenai Taman Minimalis Depan Rumah yang dapat akan gunakan untuk menghiasi bagian depan rumah anda pada artikel kami sebelumnya hanya di Pemborong.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *