Desain Eksterior

Jenis dan Ukuran Jendela Rumah Minimalis

Jenis dan Ukuran Jendela Rumah Minimalis – Jendela menjadi salah satu pernak-pernik rumah yang perlu diperhatikan. Tidak hanya soal estetika, pemilihan jendela rumah yang tepat akan memberikan manfaat maksimal sesuai dengan fungsinya. Ada banyak jenis model serta desain jendela yang beredar saat ini.

Anda bisa memilih dengan leluasa model jendela seperti apa yang sesuai dengan konsep rumah baiik itu minimalis, modern maupun klasik. Tidak hanya jenis, penemppatan jendela yang sesuai dapat memberikan kesan luas dan nyaman pada rumah Anda. Nah, berikut ini sedikit tips memilih jendela yang tepat.

Jenis dan Ukuran Jendela Rumah Minimalis

Tentukan Ukuran Jendela yang Tepat

Sebenarnya tidak ada ukuran tertentu untuk jendela rumah. Anda dapat merancangnya sendiri mengikuti desain dan konsep yang Anda inginkan. Misalnya saja ukuran standar jendela ruang tamu ialah 80 x 180 sentimeter, sedangkan ukuran jendela kamar tidur lebih kecil yaitu berukuran 60 x 80 sentimeter. Ukuran jendela rumah bisa Anda sesuaikan dengan ruangan serta model jendela yang akan digunakan.

Sedangkan untuk jendela kamar mandi, biasanya berukuran 60 x 30 sentimeter tergantung dari jenis jendela yang digunakan. Bagi Anda yang menggunakan konsep rumah minimalis, menggunakan jendela berukuran lebar dan memiliki sirkulasi cahaya yang bagus bisa menjadi pilihan. Memilih jendela yang tepat dapat memberikan efek luas dan nyaman pada ruangan.

Jika kurang nyaman dengan jendela berukuran besar, Anda bisa menggunakan ukuran standar di atas sebagai patokan. Pemilihan model dan jenis jendela juga perlu memperhatikan fungsi jendela itu sendiri. Mulai dari sirkulasi cahaya dan udara hingga nilai estetika. Penempatan jendela dengan tepat akan membantu memaksimalkan fungsi jendela tersebut.

Sesuaikan Jendela dengan Gaya Rumah

Selain menentukan ukuran jendela rumah yang proporsional, Anda juga dapat menyesuaikan jendela dengan gaya rumah Anda. Misalnya saja Anda memilih gaya minimalis sebagai konsep, menggunakan jendela berukuran besar dengan bentuk kotak memanjang bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk konsep klasik, pemilihan frame jendela bergaya klasik akan memberi kesan klasik yang kuat.

Bagi Anda peminat konsep elegan dan mewah bisa menggunakan jendela dominan kaca tanpa frame pembatas. Selain bentuk jendela, Anda juga dapat menyesuaikan warna frame jendela yang sesuai dengan konsep rumah Anda. selain menyesuaikan dengan konsep rumah, Anda juga bisa memilih jendela yang sesuai dengan gaya arsitektur yang Anda inginkan.

Pilih Jendela Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Selain ukuran dan konsep, Anda bisa memilih model jendela berdasarkan kebutuhan ruangan. Misalnya saja untuk jendela kamar tidur di lantai atas bisa menggunakan jendela model awning dengan bukaan lebar dan bisa mendapatkan pemandangan yang leluasa. Ukuran jendela rumah juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ruangan.

Jika Anda membutuhkan jendela sebagai tambahan dekorasi atau untuk memberikan kesan luas pada ruangan, penggunaan jendela jenis frosted glass bisa menjadi pilihan. Jenis jendela full kaca dengan atau tanpa frame penyekat ini cocok menjadi dekorasi eksterior yang cantik. Anda akan mendapatkan pencahayaan maksimal menggunakan jendela jenis ini.

Jendela jenis awning dan folding yang memiliki bukaan lebar masih menjadi primadona. Selain sirkulasi udara dan cahaya yang maksimal, jendela jenis ini memberi kesan nyaman pada ruangan. Anda bisa memilih jendela dengan model slide untuk ruangan berukuran kecil seperti kamar mandi atau dapur.

Memilih jenis jendela yang tepat untuk ruangan dan membantu Anda mengatur sirkulasi udara dan cahaya yang cocok untuk ruangan tersebut.

Pilih Jendela dengan Penempatan Sesuai

Jendela Minimalis

Setelah memilih jenis serta model jendela, Anda perlu memperhatikan letak penempatan jendela tersebut nantinya. Jendela yang dipasang menghadap taman bisa diatur menggunakan model bukaan lebar tanpa frame penghalang. Jendela model ini akan memaksimalkan sirkulasi cahaya serta udara ke dalam ruangan. Ukuran jendela rumah dapat disesuaikan dengan penempatannya.

Sedangkan untuk jendela ruangan di lantai satu, Anda bisa memilih jendela dengan teralis besi sebagai pengaman. Hindari jendela dengan model bukaan lebar karena dapat mengurangi privasi dan tingkat keamanan kamar tidur. Jendela dengan model sliding juga bisa menjadi pertimbangan untuk ditempatkan di kamar tidur.

Penempatan jendela dengan ukuran yang tepat dapat mempengaruhi gaya arsitektur rumah Anda. Hindari menggunakan ukuran jendela rumah yang terlalu besar dan tidak sesuai dengan luas ruangan karena akan memberi efek tidak simetris yang kentara. Tempatkan jendela sesuai dengan fungsi dan luas ruangan yang digunakan.

Pilih Jendela dengan Fungsi Optimal

Memilih jendela dengan berbagai jenis dan model bukan berarti mengabaikan fungsi utama dari jendela itu sendiri. Selain sebagai sirkulasi cahaya, jendela juga berfungsi sebagai sirkulasi udara dalam ruangan. Gunakan jendela dengan model yang dapat mengoptimalkan cahaya dan udara dari luar.

Hindari aksen berlebihan pada jendela yang akan membuat cahaya sulit masuk ke dalam ruangan. Pilihlah jendela dengan sirkulasi udara yang baik untuk mengatur udara yang masuk dalam ruangan. Selain memperhatikan ukuran jendela rumah, model dan fungsinya, Anda juga perlu mempertimbangkan tirai yang akan digunakan nantinya.

Jendela full kaca tentu memerlukan tirai lebar yang dapat menutupi keseluruhan jendela. Sedangkan jendela dengan tipe standar seperti awning atau folding memerlukan lebih sedikit tirai dan bahkan dapat dirancang tanpa tirai sama sekali. Anda perlu mempertimbangkan tambahan aksesoris lainnya saat memilih jenis dan model jendela yang tempat untuk rumah Anda.

Itulah sedikit tips memilih ukuran jendela rumah beserta modelnya. Anda perlu memperhatikan tidak hanya ukuran namun juga penempatan, fungsi, material serta penempatan jendela agar sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis dan ukuran jendela rumah minimalis. Dengan menentukan ukuran jendela serta jenis jendela yang akan digunakan pada rumah kita, pastinya nanti rumah kita akan terlihat lebih dinamis dan lebih keren. Dan jangan lupa terus simak ulasan terbaru dari kami mengenai Harga HPL Per Lembar terbaru saat ini hanya di Pemborong.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *