Taman Minimalis Depan Rumah Di Lahan Sempit

Menggunakan Tanaman Rambat

Taman Minimalis Depan Rumah – Hadirnya sebuah taman menjadi penyempurna tampilan rumah. Taman akan menghadirkan suasana nyaman dan sejuk. Membuat taman biasa dilakukan di lahan yang tersisa, bisa di belakang rumah maupun di depan rumah.

Tapi untuk taman yang bisa semakin mempercantik rumah, sebaiknya dibuat di depan rumah. Tidak masalah jika lahan yang tersisa di depan rumah hanya sedikit, itu tetap bisa dijadikan taman yang indah.

[toc]

Taman depan rumah di sisa lahan yang terbatas akan semakin indah jika bisa menatanya dengan baik. Maka dari itu, Anda perlu merancang terlebih dahulu desain taman minimalis tersebut sebelum mulai membuatnya.

Dalam rancangan desain itu, diperlukan beberapa pertimbangan. Termasuk penggunaan tanaman dan elemen pelengkap lain, seperti batu-batu alam. Agar taman minmalis di depan rumah terlihat indah dan menawan, pertimbangkan beberapa ide menarik di bawah ini.

Taman Minimalis Depan Rumah Lahan Sempit

Taman Minimalis Depan Rumah

1. Digabung dengan Teras

Desain taman minimalis depan rumah ini sangat cocok diaplikasikan untuk lahan yang benar-benar terbatas. Hanya dengan menumbuhkan rumput di depan teras, taman minimalis sudah bisa terbentuk.

Anda bisa melengkapi taman minimalis tersebut dengan berbagai jenis tanaman. Namun jika ingin kesan yang luas, biarkan rumput hijau terhampar di depan teras rumah tanpa banyak tamanan lain yang mengisinya.

Taman kecil yang digabung dengan teras ini sudah berhasil menghasilkan pemandangan sejuk di depan rumah.

2. Dilengkapi dengan Kolam

Taman Minimalis Depan Rumah Di Lahan SempitAdanya kolam pada sebuah taman pasti akan semakin menambah kesan sejuk pada rumah. Pada sebuah taman kecil nan minimalis, Anda tidak perlu membuat kolam terlalu besar. Kolam kecil saja sudah bisa mempercantik taman di depan rumah asal dibuat dengan bentuk yang menarik.

Anda bisa mengisi kolam tersebut dengan beberapa ikan yang memiliki warna cerah. Tujuannya agar taman minimalis tersebut terlihat lebih segar dan tidak monoton dengan warna hijau saja. Sebagai tambahannya, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman dalam pot kecil.

3. Taman dengan Bebatuan

Taman dengan BebatuanSelain rumput, salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah adalah dengan menggunakan bebatuan. Taman dengan bebatuan ini justru lebih mudah dalam perawatannya.

Batu koral adalah jenis bebatuan yang bisa jadi pilihan tepat. Taman minimalis dengan bebatuan ini sangat cocok bagi yang tidak punya banyak waktu dalam merawat taman, tapi tetap ingin punya taman di depan rumah. Taman dengan bebatuan ini juga sering disebut dengan istilah taman kering.

4. Dipadukan dengan Tempat Bersantai

Dipadukan dengan Tempat BersantaiTidak ada salahnya lahan sempit di depan rumah dimanfaatkan sebagai taman minimalis sekaligus sudut untuk bersantai. Anda tinggal mengatur sebuah tempat duduk yang nyaman. Di sekeliling tempat duduk itu bisa dilengkapi dengan beberapa jenis tanaman hijau.

Agar semakin cantik, tanam pula beberapa jenis bunga dengan warna yang berbeda. Sebagai sentuhan akhir taman indah itu, Anda bisa memasang lampu di bagian sudut. Taman minimalis itu akan menjadi pemanis rumah sekaligus tempat nyaman untuk bersantai.

5. Menggunakan Tanaman Rambat

Menggunakan Tanaman RambatTidak hanya pada tanah, Anda juga mengkreasikan desain taman minimalis depan rumah dengan tamanan rambat. Tamanan rambat itu bisa diaplikasikan pada salah satu dinding di bagian teras rumah.

Pahami juga bagaimana merawat tanaman rambat agar taman kecil di depan rumah Anda selalu terlihat indah. Tanaman rambat pada dinding perlu dilakukan pemotongan secara rutin agar bentuknya tetap menarik. Orang yang berkunjung ke rumah Anda pasti akan terpesona melihat taman rambat itu.

6. Taman di Pinggir Tembok

Taman di Pinggir TembokJangan khawatir kalau benar-benar tidak ada lahan yang tersisa di depan rumah. Sekalipun tanah sudah dipenuhi bangunan, Anda tetap bisa mewujudkan impian memiliki taman yang asri.

Anda bisa menaman beberapa tanaman dari jenis yang sama di pinggi tembok. Tanaman yang sama sengaja dipilih agar bisa sama ketika tumbuh dan menghasilkan pemandangan yang rapi dan serasi. Taman super minimalis yang hanya berada di pinggir tembok ini tidak akan kalah indah asal Anda bisa merawatnya dengan telaten.

7. Dilengkapi Ayunan

Dilengkapi AyunanTidak hanya dengan tempat duduk, Anda juga bisa menciptakan sudut bersantai dengan menempatkan sebuah ayunan. Pada desain taman minimalis di depan rumah, ayunan bisa menjadi titik fokus yang tak kalah menarik.

Jenis ayunan yang digunakan bisa beragam, mulai dari ayunan kain, ayunan kayu atau ayunan besi. Jadi tampilan taman tidak terlalu membosankan karena hanya ada tanaman hijau. Perhatikan keamanan ketika memasang ayunan dan buatlah peringatan untuk siapa saja yang boleh memakainya.

8. Di Sudut Lahan

Di Sudut LahanSatu lagi ide taman bagi yang tidak memiliki lahan cukup luas. Anda bisa memanfaatkan sudut lahan yang tersisa di depan rumah. Sesuai namanya, taman sudut ini tentu hanya bisa diisi oleh tanaman dalam jumlah terbatas.

Anda tetap bisa memperindah taman di sudut lahan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menata tamanan sebaik dan serapi mungkin. Perhatikan kompisi letak dan warnanya agar terlihat serasi.

9. Manfaatkan Pohon

Manfaatkan PohonJika di depan rumah Anda ada sebuah pohon, sebaiknya jangan disia-siakan. Satu pohon yang tumbuh bisa menjadi awal mula terbentuknya sebuah taman minimalis. Mulailah mengelilingi pohon tersebut dengan tanaman lain. Anda juga bisa menumbuhkan rumput di sekitar tamanan pohon. Kemudian lengkapi dengan bunga berwarna-warni.

10. Perpaduan Warna

Menciptakan taman yang indah meski di lahan terbatas sebenarnya bukan suatu hal yang sulit. Anda bisa meniru beberapa inspirasi desain taman minimalis depan rumah di atas.

Tinggal sesuaikan saja ide mana yang cocok untuk kondisi lahan Anda. Dengan desain yang menarik, taman akan menjadi pelengkap rumah agar terlihat lebih asri. Kamu yang sedang mendekorasi ulang rumah mungkin perlu sedikit informasi tambahan seperti “Desain Ruangan Minimalis Modern” pada artikel sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *