Tips Menentukan Jarak dan Ukuran Kuda Kuda Baja Ringan

Tips Menentukan Jarak dan Ukuran Kuda Kuda Baja Ringan – Kuda-kuda baja ringan atau yang lebih dikenal sebagai kerangka atap baja semakin sering digunakan akhir-akhir ini. Selain ketahanannya yang teruji, biaya yang dikeluarkan juga ebih murah dibandingkan kerangka kayu biasanya.

Penyusunan kuda-kuda baja ringan untuk kerangka rumah haruslah ditentukan sedemikian rupa agar menjamin kualitasnya. Penentuan jarak antar kerangka juga sangat penting karena akan mempengaruhi kestabilan dan kekuatan rangka baja.

Nah, berikut ini beberapa tips menentukan jarak serta ukuran dari kuda-kuda baja ringan lebih lanjut.

Cara membuat kuda kuda baja ringan

Berdasarkan Ketebalan dan Spesifikasi Baja Ringan

Tips pertama untuk menentukan ukuran kuda-kuda baja ringan adalah berdasarkan ketebalan dan spesifikasi yang dimiliki. Ketebalan standar untuk baja ringan yang biasa digunakan sebagai konstruksi atap ialah 0.75 milimiter hingga 1 milimeter.

Sedangkan untuk reng atau canal penghubung antar baja biasanya memiliki ketebalan 0.40 hingga 0.60 milimeter. Ukuran kuda-kuda baja ringan bisa dibuat lebih berjarak jika memiliki reng dengan ketebalan maksimal.

Penyusunan kerangka baja juga dapat disesuaikan dengan ukuran masing-masing baja ringan yang digunakan, Ukuran ini dapat berbeda-beda tergantung kerangka yang diinginkan.

Misalnya saja ukuran kuda-kuda untuk atap genteng metal biasanya berukuran C75.075 dan berjarak mulai dari 1200 milimeter hingga 1400 milimeter.

Sedangkan untuk ukuran kuda-kuda baja ringan pada atap genteng keramik atau tanah, menggunakan baja ringan berukuran C75.100 dengan jarak maksimal 1200 milimeter. Anda juga bisa menggunakan baja ringan ukuran standar yaitu C75.075 dengan jarak maksimal 80 milimeter antar kerangkanya.

Berdasarkan Berat Atap

Tidak hanya menyesuaikan ketebalan dan spesifikasi baja ringan yang digunakan, menentukan ukuran dan jarak baja ringan juga dapat disesuaikan dengan berat atap.

Pilihlah baja ringan dan susunan kerangka yang dapat menahan berat atap dengan stabil dan aman. Pemilihan material atap juga sangat penting sebelum menyusun kerangka atap rumah Anda.

Misalnya saja pada kerangka atap genteng metal, ukuran kuda-kuda baja ringan yang diperlukan haruslah memiliki ketebalan sesuai dengan penempatannya.

Menentukan jarak yang sesuai akan mempengaruhi kekuatan kerangka atap rumah Anda. Penyusunan kerangka atap dengan tepat akan menjamin keamanan dan kenyamanan hunian.
Sedangkan kerangka atap keramik dan tanah memerlukan baja ringan dengan ketebalan maksimal untuk menahan beban atap genteng keramik dan tanah.

Penyusunan kerangka atap jenis ini juga berbeda dari kerangka atap metal biasanya. Jarak yang diperlukan memiliki standar berbeda sesuai dengan ketebalan baja ringan yang dimiliki.

Berdasarkan Luas Bangunan

Tips lainnya dalam menentukan jarak serta ukuran kuda-kuda baja ringan adalah berdasarkan luas bangunan. Luas suatu bangunan akan mempengaruhi penyusunan kerangka atap.

Anda juga perlu memperhitungkan terpaan angin, beban genteng atap juga beban air hujan dalam menentukan susunan kerangka atap bangunan.

Semakin luas suatu bangunan, semakin kokoh kerangka atap yang akan digunakan. Anda bisa memperhitungkan ukuran serta jarak yang diperlukan dalam penyusunan kerangka.

Menggunakan kerangka dari baja ringan akan memudahkan instalasi atap serta menjamin keamanan dan kestabilan atap rumah. Oleh karena itu memperhitungkan luas bangunan sebelum menyusun kerangka atap adalah sebuah keharusan.

Pastikan susunan rangka atap dapat mengakomodir keseluruhan luas bangunan agar tidak terjadi kesalahan selama pemasangan. Memilih desain kerangka atap yang tepat berdasarkan material dan ukuran baja ringan akan membantu Anda menyusun kerangka atap dan menyesuaikannya dengan luas bangunan.

Berdasarkan Letak Geografis

Tidak hanya spesifikasi, material dan luas bangunan. Penentuan jarak dan ukuran kuda-kuda baja ringan juga ditentukan berdasarkan letak geografis bangunan.

Tujuan hal ini adalah agar kerangka atap yang digunakan dapat bertahan lama meskipun mengalami berbagai serangan cuaca. Penentuan kerangka berdasarkan letak geografis akan menjamin kestabilan serta keamanan atap rumah Anda.

Misalnya saja pada bangunan yang terletak dekat pantai, jarak kuda-kuda baja ringan diatur lebih dekat dari standar biasanya untuk menjaga atap dari terpaan angin kuat pada daerah tersebut.

Anda dapat mengatur jarak kuda-kuda baja ringan sesuai standar jika membangun rumah di daerah perkotaan yang tidak rawan angin kencang atau puting beliung.

Bangunan yang terletak di daerah pegunungan dapat diatur menggunakan kerangka atap dengan jarak standar maupun lebih dekat untuk menguatka konstruksi atap bangunan.

Anda dapat menyesuaikan jarak dan ukuran kerangka atap berdasarkan letak geografis bangunan. Hal ini akan menjamin kekuatan dan kestabilan atap hunian Anda.

Penentuan Jarak Kuda-Kuda yang Tepat

Faktor-faktor di atas dapat Anda jadikan standar pemilihan ukuran kuda-kuda baja ringan untuk konstruksi atap bangunan. Sedangkan penentuan jarak kuda-kuda baja ringan bisa disesuaikan dengan ketebalan baja ringan tersebut.

Misalnya saja untuk baja ringan berukuran 0.75 milimeter berikan jarak 80 sentimeter hingga 1,2 meter pada jarak tiap rangkanya.

Baja ringan dengan ukuran lebih tebal yaitu 1 milimeter dapat diberikan jarak mulai dari 1 mter hingga 1,6 meter untuk tiap rangkanya. Sedangkan penentuan jarak kuda-kuda baja ringan berdasarkan material atap dibagi menjadi dua jenis.

Atap dengan material beton, keramik atau tanah diberi jarak 1,2 meter hingga 1,5 meter. Atap dengan material asbes dan genteng dapat diberi jarak lebih jauh sekitar 1,6 meter hingga 1,8 meter karena berat materialnya yang ringan dan mudah dipasang.

Penentuan jarak antar baja ringan dalam kerangka konstruksi atap akan berpengaruh pada kestabilan atap bangunan. Pastikan jarak dan ukuran baja ringan yang Anda pilih dapat mengakomodir kebutuhan bangunan.

Cara Menghitung Rumus Kuda-Kuda Atap Rumah

Cara menghitung kuda kuda baja ringan

Nah agar kalian lebih paham bagaimana cara membuat jarak kuda-kuda baja ringan untuk atap disini akan diberikan contohnya. Misalnya saja, sebuah rimah dengan ukuran bangunan 8 meter x 15 meter dengan sudut kemiringan 30 derajat sedangkan oversteknya ialah 80 cm.

Dan untuk membuat atap bajaringan langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengukur ketinggian atap rumah. Dan dengan rumus yang sudah di jelaskan maka akan didapatkan ketinggian atap adalah.

T (tinggi) = 1/2 x 8m x tan 30 = 4m x 0,577 = 2,308 m

Selanjutnya langkah kedua adalah dengan mencari kemiringan dari atap. Untuk kemiringan atap tersebut di misalkan sebagai S jadi didapatkan :

S = 1/2 x 8m x cos 30 = 4m x 0,866 = 3,464 m.

Berikutnya kalian juga harus mencari overstek dari atap rumah yang akan dibuat ini. Dengan overstek 80 cm akan didapatkan hasil :

Os (overstek) = 80 x cos 30 = 80 x 0,866 = 69,28 cm = 0,6928 m.

Dan berdasarkan hasil yang tadi total panjang dari sisi sayap adalah 3,464 + 0,6928 m = 4,1568 m.

Nah itulah beberapa tips menentukan jarak serta ukuran kuda-kuda baja ringan untuk konstruksi atap bangunan. Perhitungkan spesifikasi baja yang digunakan, letak geografis bangunan, berat atap serta luas bangunan sebelum menyusun konstruksi atap bangunan anda.

Demikian informasi dari kami semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menjadi referensi kalian semua. Dan jangan lupa terus simak beberapa informasi terbaru dari kami mengenai Harga Borongan Cat Rumah per meter pesegi hanya di Pemborong.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *