Ukuran Baja Ringan Untuk Atap Rumah dan Rangka Atap

Ukuran Baja Ringan Untuk Atap

Ukuran Baja Ringan Untuk Atap – Baja ringan merupakan salah satu produk yang banyak digunakan dalam pembangunan rumah terutama pada bagian atap bangunan tersebut, baja ringan itu sendiri merupakan produk bangunan yang terbuat dari baja ringan yang sangat kaku sehingga menjadi sebuah kelebihan mengapa baja ringan cocok untuk digunakan karena mampu menopang berat beban di atasnya.

Pada dasarnya baja ringan banyak digunakan pada pembangunan rumah sebagai komponen pengganti kayu, sebab sifat magnet yang dimiliki baja menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan untuk bangunan rumah yang Anda miliki. Selain itu penggunaan baca ringan dapat menekan jumlah penggunaaan kayu sehingga akan memberikan penekanan terhadap jumlah pohon yang ditebang untuk ekosistem di bumi.

Sedangkan ukuran baja ringan untuk atap  yang sering digunakan memiliki ukuran dngan massa yang lebih ringan serta lebih tipis dibandingkan baja ringan untuk lainnya, namun walaupun baja ringan untuk atap lebih tipis tetapi masih tergolong kuat serta masih mampu menopang beban yang terhitung berat sehingga dapat mempermudah untuk memperbaiki apabila dikemudian hari terdapat kerusakan.

Apabila Anda memutuskan menggunakan baja ringan untuk atap rumah yang Anda miliki maka Anda akan merasa sangat diuntungkan karena baja ringan memiliki begitu banyak kelebihan dibandingkan bahan lainnya. Kelebihan yang pertama terletak pada tegangan tarik yang tinggi. Tegangan tarik yang dimiliki sekitar 550 Mpa sehingga baja ringan dapat menyerap energi yang terdapat pada sinar matahari dalam jumlah yang besar.

Serta akibat tegangan tarik yang tinggi mengakibatkannya baja ringan tidak akan mengalami kehancuran apabila terkena cahaya matahari terlalu lama. Kelebihan kedua yang dimiliki baja ringan adalah kemudahan dalam pemasangannya, kemudahan pemasangan baja ringan ini akan menekan lama pengerjaan suatu bangunan sehingga pengerjaan lebih cepat selesai karena kesimpelan baja ringan ini.

Ukuran baja ringan untuk atap berbeda-beda tergantung kebutuhan Anda tetapi kelebihan yang terdapat pada baja ringan tetap dapat Anda rasakan. Kelebihan berikutnya yang bisa Anda rasakan adalah Anda bisa memiliki bentuk atap yang bervariatif sebab baja hitam memiliki bentuk rangka yang sangat beragam. Selain itu kelebihan baja ringan adalah anti karat, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai atap yang Anda miliki akan berkarat.

Hal tersebut memberikan kelebihan yang berkelanjutan sebab akibat bahan yang tidak akan berkarat membuat atap yang Anda miliki akan memiliki waktu bertahan yang lebih lama dibandingkan bahan lain yang akan mengalami kerusakan seperti lapuk ataupun keropos akibat tidak tahan dengan kondisi cuaca yang beragam yang berbeda jauh dengan baja ringan yang tahan segala cuaca.

Ukuran Baja Ringan Untuk Atap

Ukuran Baja Ringan Atap Rumah

Secara umum ukuran baja ringan untuk atap memiliki ketebalan sekitar 0,40 sampai 0, 60 mm sedangkan pada baja tasonya memiliki ukuran sekitar 30 hingga 100 mm. Tetapi secara khusus sebenarnya bentuk serta ukuran dari baja ringan dapat Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan sebagai bahan untuk atap rumah yang sedang Anda kerjakan.

Selain itu apabila Anda menggunakan baja ringan untuk bahan atap rumah Anda maka Anda bisa menghemat biaya pengerjaan rumah yang sedang Anda lakukan sebab harga yang dimiliki dari baja ringan tergolong sangat terjankau dibandingkan dengan menggunakan jenis atap yang lain yang memiliki kemungkinan rusak yang lebih besar yang dapat disebabkann oleh cuaca dan faktor alam seperti sinar matahari dan kelembapan.

Tapi suatu kekurangan yang dimiliki baja ringan adalah cepatnya mengalami pemanasan oleh sinar matahari sehingga ruangan yang menggunakan baja ringan akan terasa sedikit lebih panas dibandingkan jika menggunakan jenis atap lainnya. Ukuran baja ringan untuk atap sebaiknya Anda konsultasikan dengan seorang ahli bangunan sehingga mengetahui berapa ukuran ketebalan yang harus Anda gunakan dengan berbagai pertimbangan yang ada.

Terdapat dua jenis baja ringan yang sering digunakan untuk pembuatan atap dengan ukuran yang tetap dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Simak secara mendetail agar mampu mempermudah Anda dalam pemilihan bahan bangunan untuk membangun rumah yang akan Anda lakukan.

1. Baja Ringan Profil B

Baja profil B atau baja reng merupakan istilah yang digunakan sebagai penamaan untuk baja ringan yang digunakan pada atap. Biasanya baja ringan jenis ini memiliki tingkat ketipisan yang sangat tipis sehingga sangat ringan tetapi tetap sangat kuat untuk Anda gunakan sehingga sangat cocok untuk digunakan pada atap bangunan rumah ataupun toko yang sedang Anda bangun tersebut.

Sedangkan ukuran baja ringan untuk atap pada umumnya memiliki ketebalan yang sangat tipis yakni hanya berada pada kisaran 0,4 hingga 0, 6 mm saja sehingga sangat estetik untuk dilihat dan mempercantik bentuk atap bangunan yang Anda miliki.

2. Baja Ringan Taso

Baja ringan berikutnya yang banyak digunakan sebagai pengikat baja ringan profil B pada atap adalah baja ringan taso yang memiliki bentuk serupa dengan huruf A tetapi apabila dilihat dari luar akan menyerupai sebuah balok dengan ukuran yang kecil. Ukuran dari baja ringan taso ini juga sangatlah kecil sehingga apabila digunakan sebagai pengikat juga tidak akan menjadi masalah yang besar.

Sebab tetap tidak akan terlihat buruk , malah akan membuat desain atap rumah yang Anda miliki terlihat lebih modern. Selain sebagai pengingat atas ternyata taso juga dapat digunakan sebagai pengikat kuda-kuda bangunan yang Anda miliki.

Sangat disarankan bagi Anda yang sedang melakukan pembangunan rumah maka sangat baik apabila Anda menggunakan baja ringan sebagai atapnya dengan ukuran baja ringan yang sesuai dengan peruntukannya. Cukup sekian informasi pemborong.id pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Harga Pengkal Petir Rumah” dan beragam informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *