Ukuran Sloof Pondasi
Konstruksi

6 Faktor Untuk Menentukan Ukuran Sloof Pondasi

Ukuran Sloof Pondasi – Di masa sekarang, banyak sekali bangunan yang tinggi dan mewah bisa Anda temui. Proses untuk membuat sebuah bangunan menjadi nyata sangat rumit. Hal ini dikarenakan seseorang harus mampu memprediksi segala sesuatu yang akan terjadi saat memutuskan untuk menerapkan ukuran pada pondasi.

Selain itu, dalam menentukan pondasi diperlukan beberapa hal. Contohnya mengunjungi lokasi dan melihat dengan cermat dari tanah, luas, dan sebagainya. Dengan melihat lokasi, seseorang bisa tahu apakah tanah tersebut cukup kokoh untuk dibangunnya sebuah bangunan. Tidak hanya itu saja, seseorang juga harus melakukan uji penggalian untuk melihat kedalaman tanah.

Menentukan ukuran sloof pondasi juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Jadi, ketika seseorang berkata bahwa membuat suatu bangunan sangat mudah, itu salah. Jika seseorang salah satu saja dalam menentukan ukuran pondasi bangunan, akibatnya pondasi akan mudah roboh. Tentu saja orang tidak ingin hal itu terjadi. Karena bisa mengakibatkan bahaya kepada orang sekitar.

Dalam sebuah pondasi, terdapat beberapa elemen yang penting, seperti pondasi bangunan, kolom, sloof, balok, dan plat lantai. Setiap elemen pondasi tersebut memiliki ukuran yang berbeda. Pada elemen pondasi bangunan, terdapat dua jenis yaitu pondasi dangkal dan pondasi tiang. Masing-masing elemen juga memiliki peran yang berbeda dan saling berkaitan satu sama lain.

Elemen sloof pondasi adalah elemen yang berada di atas elemen pondasi pada sebuah bangunan. Untuk menentukan ukuran sloof pondasi, biasanya dilengkapi dengan angker yang memiliki diameter 12 mm. Jarak yang digunakan untuk melengkapi hal tersebut adalah 1,5 meter. Biasanya hal ini berlaku untuk bangunan yang memiliki ketahanan terhadap gempa dan disesuaikan dengan tinggi dan tingkat suatu bangunan.

Dalam menentukan ukuran sloof pondasi diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan. Tujuannya agar saat membuat bangunan, semua pihak terkait akan merasa puas. Pastinya orang ingin bangunan tersebut bagus, indah, tapi memiliki harga yang tergolong murah. Itulah kenapa harus memerhatikan hal di bawah ini. Apa saja itu? Simak ulasan pemborong.id berikut ini.

Faktor Untuk Menentukan Ukuran Sloof Pondasi

Ukuran Sloof Pondasi Rumah

1. Kekuatan

Hal pertama yang menjadi salah satu faktor dalam menentukan ukuran sloof pondasi adalah kekuatan. Tidak hanya sloof, tapi juga seluruh elemen pada pondasi suatu bangunan sangat berpengaruh. Elemen pondasi harus mempunyai kekuatan yang stabil agar bisa menopang berat dari bangunan itu sendiri.

Selain itu, elemen tersebut harus mempunyai kekuatan untuk menyangga beban yang bergerak, beban angin, gempa, dan sebagainya. Sloof sendiri memiliki fungsi untuk meratakan beban pondasi karena berada di atas elemen tersebut. Selain itu juga berfungsi sebagai pengunci dinding.

Maksudnya adalah saat terjadi pergeseran atau pergerakan tanah maka dinding tidak akan mudah roboh. Di antara semua elemen dalam membangun pondasi, elemen sloof adalah yang sangat berperan penting dalam kekuatan dari sebuah bangunan. Jika sloof memiliki ukuran yang salah, maka bisa dipastikan bangunan akan cepat runtuh.

2. Stabilitas

Hal yang memengaruhi dalam menentukan ukuran pada sloof kedua adalah stabilitas. Stabilitas memiliki peran untuk menjaga bangunan untuk tetap berada pada posisinya. Dengan kata lain, bangunan tersebut tidak akan oleng atau roboh. Salah satu elemen pondasi yang penting adalah sloof.

Dalam melakukan pemasangan sloof dibutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan proses pengerjaan akan dilakukan saat permukaan pada pondasi batu sudah dibersihkan. Pembersihan tersebut dilakukan untuk bisa membuat sloof merekat secara rata. Untuk membuat dimensi sloof pada rumah dengan lantai satu dan dua tentu berbeda.

3. Pada rumah yang memiliki satu lantai, ukuran sloof pondasi yang digunakan adalah 15 cm × 20 cm. Beton besi yang digunakan sebagai tulangan utama dibutuhkan sebanyak 4 buah dengan masing-masing diameter 10 mm. Untuk ukuran begel pada sloof pondasi, diameter yang digunakan adalah 8 mm dengan jarak 15 mm.

Sedangkan, untuk rumah yang memiliki dua lantai, ukuran dimensi sloof adalah 20 cm × 30 cm. Besi beton utama yang digunakan untuk membuat pondasi lantai 2 adalah 6 buah dengan diameternya 12 mm. Ukuran pada begel adalah 8 mm dengan jarak 10 cm.

4. Estetika

Estetika menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam membuat sebuah bangunan. Selain berfungsi sebagai keindahan dan memiliki nilai seni, estetika juga memiliki peran lain yang masih jarang diketahui. Estetika juga bisa dilihat dari pemilihan material yang gunanya bisa meningkatkan keindahan.

Bagi seseorang yang membuat bangunan, nilai estetika bisa dilihat dari material dalam membangun pondasi bangunan. Seperti pada elemen sloof yang menggunakan beton yang dicampurkan dengan semen, pasir, dan koral. Perbandingan yang biasa digunakan untuk mencampurkan material tersebut adalah 1 : 2 : 2.

5. Ekonomis

Membuat sebuah bangunan memang dibutuhkan biaya yang besar. Namun, bukan berati tidak biaya tersebut tidak bisa ditekan. Anda bisa menekan biaya dengan cara memilih material yang murah tapi ampuh dan bertahan lama. Dengan begitu, Anda juga tidak akan rugi. Karena percuma saja jika memilih yang murah tapi cepat roboh. Biaya yang dikeluarkan semakin besar untuk memperbaiki hal tersebut.

6. Ramah Lingkungan

Ternyata ramah lingkungan juga menjadi salah satu faktor berpengaruh. Pasalnya, jika Anda membangun pondasi termasuk sloof pada area yang strategis maka sangat menguntungkan. Contohnya, Anda bisa membangun bangunan dengan cahaya matahari masuk lewat pintu utama. Dengan adanya penyinaran yang optimal, maka akan membantu menghemat energi listrik.

Faktor di atas masih banyak yang belum mengetahui bahwa hal itu sangat penting dalam melakukan perencanaan pembangunan. Adanya faktor itu membuat seseorang bisa lebih memberikan hasil yang terbaik, termasuk dengan menentukan ukuran sloof pondasi bangunan.

Nah demikianlah informasi pemborong.id seputar ukuran sloof pondasi bangunan atau rumah. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Desain Lemari Pakaian Minimalis” dan beragam inforamsi menari lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *